Ringkasan Materi Tema 3 Subtema 1 Kelas 6
RINGKASAN MATERI TEMA 3 SUBTEMA 1 KELAS 6
Bahasa Indonesia
1.
Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan
tentang proses terjadinya atau menguraikan rangkaian peristiwa terbentuknya
suatu fenomena alam atau peristiwa social
2.
Teks eksplanasi berfungsi untuk memberikan
penjelasan kepada pembaca tentang proses terjadinya sesuatu yang disusun
menurut prinsip sebab akibat.
3.
Teks eksplanasi terdiri atas: pernyataan umum
(Pembukaan), deretan penjelas (isi), dan penutup (kesimpulan)
4.
Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat
tentang apa yang akan dibicarakan/ diinformasikan. Bgaian deretan penjelas
berisi urutan uraian atau penjelasan tentang proses dari peristiwa yang terjadi
dan dijelaskan secara bertahap/ berurutan. Bagian penutup adalah kesimpulan
yang berisi interpretasi pendapat singkat penulis tentang topic yang
dijelaskan.
5.
Teks eksplanasi ilmiah adalah teks eksplanasi
yang menerangkan suatu proses yang bersifat ilmu pengetahuan alam, seperti
gejala alam, terjadinya pelangi, proses arus listrik, dan sebagainya.
Teks eksplanasi merupakan teks
yang menjelaskan tentang proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena
alam atau social. Pada Teks eksplanasi, sebuah peristiwa timbul karena adanya
peristiwa lian sebelumnya dan perintisa tersebut mengakibatkan peristiwa lain
sesudahnya.
Struktur teks eksplanasi terdiri
dari pernyataan umum (topic masalah), deretan penjelas. Dan interpretasi
(kesimpulan dan pesan. Pernyataan umum berisi tentang penjelasan umum
tentan fenomena yang akan dibahas, bisa
berupa pegenalanfenomena tersebut atau penjelasannya.
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
1. Pada rangkaian seri, baterai dan lampu diletakkan sejajar.
2.
Arus listrik yang mengalir pada rangkaian seri
hanya berada dalam satu aliran kabel yang menghubungkan semua lampu (tidak ada
percabangan)
3.
Jika terdapat percabangan lebih dari satu lampu
pada rangkaian seri maka jika satu lampu dibuka, atau aliran dari kutub baterai
diputus, maka semua lampu akan mati.
4.
Fungsi baterai adalah sebagai sumber energy
5.
Terdapat kutub (+) dan kutub (-) pada baetrai
yang harus diletakkan dengan posisi kutub (+) bertemu dengan kutub (-).
6.
Fungsi kabel adlah untuk megalirkan arus listrik
dari baterai hingga mencapai lampu
7.
Terdapat dudukan lampu untuk mengaitkan tembaga
pada kabel, sehingga arus listrik akan mencapai filament pada bagian dalam
lampu
8.
Rangkain seri biasa terdapat pada lampu-lampu di
rumah dan hiasan lampu pada pohon natal, atau lampu tumbler.
9.
Rangkaian listrik berdasarkan bentuknya
dibedakan menjadi 2, yaitu rangkaian seri dan rangkaian parallel.
10.
Rangkaian seri adalah rangkaian yang dipasang
berderet tanpa adalanya cabang cabang .
11.
rangkaian parallel adalah rangkaian yang
dipasang sejajar sehingga membentuk cabang-cabang.
12.
Penggunaan rangkaian seri, digunakan pada
alat-alat yang tidak memiliki banyak ruang dan jaringan kabel. Contohnya lampu
senter.
13.
Penggunaan rangkaian seri, digunakan pada
rangkaian lampu yang mempunyau banyak fungsi. Contohnya, rangkaian listrik di
rumah, penerangan jalan, dan lampu lalu
lintas.
14.
Rangkaian seri adalh rangkaian listrik yang
terdiri dari 2 buah lampu atau lebih yang disusun secara berderet atau
berurutan. Demikian pula dengan sumber tegangan, juga dihubungkan secara
berderet.
15.
Pada rangkain seri apabila salah satu lampu
diputus (mati) maka kedua buah lampu akan mati
16.
Rangkaian seri atau rangkaian tidak
bercabangadalah hubungan antara alat-alat listrik yang tersusun secara
berurutan, sehingga berlaku:
a.
Arus listriknya mengalir melalui satu cabang
b.
Nyala lampu lebih redup
c.
Jika salahsatu lampunya putus maka lampu lain
ikut padam
17.
Keuntungan rangkaian seri adalah hemat kabel,
dan rangkaiannya sederhana sehingga membuatnya pun mudah.
18.
Kerugiannya, pada saat salah satu lampu mati
maka lampu yang lainnya juga mati. Begitu juga pada nyala lampunya, tidak
terang (redup). Energinya juga boros.
19.
Ciri-ciri rangkaian listrsik seri:
a.
Cara menyusun rangkaian cenderung praktis dan
sederhana
b.
Semua komponen listrik disusun berderet atau
berurutan
c.
Kabel penghubung pada seluruh komponen tidak
memiliki percabangan sepanjang rangkaian
d.
Hanya ada satu jalan yang dapat dilalui oleh
arus. Jadi ada satu jalur yang terputus maka rangkaian tidak dapat berfungsi
dengan benar
20.
Benda konduktor adalah benda yang dapat
menghantarkan listrik dari sumber listrik. Contohnya benda – benda logam
seperti besi, baja, timah, tembaga, dan kuningan.
21.
Benda isolator adalah benda yang tidak bisa
mengaliskan listrik dari sumber listrik.Contohnya kaca, plastic, kain, dan kayu
kering.
Ilmu Pengetahuan Sosial
Pengaruh listik terhadap kehidupan manusia
1.
Pengaruh pada Ekonomi
o
Sebelum ditemukannya listrik, manusia
menggunakan api sebagai bahan penerangan. Mereka menggunakan obor, pelita, dan
lain-lain. Karena itu biaya hidup akan lebih hemat. Namun pekerjaan semakin
sulit dikerjakan atau diselesaikan dengan cepat.
o
Sesudah ditemukannya listrik, biaya kehidupan
akan semakin mahal karena harus membayar biaya listrik yang dipakai. Ditambah
biaya listrik yang semakin lama semakin mahal. Namun pekerjaan akan lebih mudah
diselesaikan dengan cepat.
2.
Pengaruh pada Pendidikan
-
Sebelum ditemukannya listrik, setiap murid hanya
belajar dan mengerjakan tugas di sing hari, meskipun menggunakan pelita atau
lampu minyak ,tapi hal ini dapat merusak mata, karena memaksakan membaca dalam
keadaan tidak terang.
-
Sesudah ditemukannya listrik,murid dapat belajar
dan mengerjakan tugas mereka kapan saja, menjadi lebih mudah saat mengerjakan
tugas dan belajar.
3.
Pengaruh pada Sosial
-
Sebelum ditemukannya listrik Orang-orang
berkomunikasi dengan berbicara, dan mengirim surat, ngobrol atau berbicara
langsung.
-
Sesudah ditemukannya listrik, Orang-orang
berkomunikasi menggunakan gawai,tanpa batas ruang dan waktu, sehingga bisa
melupakan kebersamaan.
4.
Pengaruh pada Budaya
-
Sebelum ditemukannya listrik, manusia
menggunakan api sebagai bahan penerangan. Mereka menggunakan obor, pelita, dan
lain-lain, sehingga aktivitas malam hari menjadi lebih sulit dan lambat.
-
Sesudah ditemukannya listrik, aktivitas malam
hari menjadi lebih mudah dan cepat untuk dilakukan.
5.
Pengaruh pada Hiburan
-
Sebelum ditemukannya listrik, anak-anak bermain
dengan permainan buatan mereka sendiri sehingga lebih merasakan kebersamaan
bermain bersama teman-teman.
-
Sesudah ditemukannya listrik, anak-anak jarang
berinteraksi secara non-verbal, mereka lebih suka main di rumah.
-
Sesudah ditemukannya listrik, pertunjukan seni
dapat dilaksanakan pada malam hari.
6.
Dampak dari adanya bola lampu bagi kehidupan
masyarakat: mempermudah msyarkat dunia memperluas cakuan kegiatannya.
Pengiriman barang ke berbagai kota dapat dilakukan sepanjang hari, took-toko
buka pada malam hari, sehingga memungkinkan para pekerja untuk membeli
keperluan rumah sepulang mereka bekerja. Anak-anak dimungkinkan dapat belajar
dan mengerjakan tugas dengan maksimal walaupun dimalam hari
7.
Manfaat lampu dalam kehidupan sehari-hari:
a.
Sebagai penerangan aktivitas dalam ruangan
b.
Penerangan pada lampu pinggir jalan
c.
Penerangan pada malam hari
d.
Penerangan kendaraan bermotor
e.
Bagi peternak ayam, sebagai pemanas kandng ayam
atau membantu proses penetasan telur ayam.
8.
Perubahan kehidupan masyarakat setelah
ditemukannya alat-alat listrik:
a.
Menggunakan setrika listrik dalam menyetrika
baju sehingga lebih rapih dan aman.
b.
Memasak nasi jadi lebih cepat dan mudah,
menggunaka penanak nasi listrik.
c.
Ada Akses internet yang dapat menambah wawasan
dan pengetahuan karena dapat mendapatkan informasi dari seluruh dunia.
PKN
Hak dan Kewajiban
1. Hak adalah
segala sesuatu yang harus didaptkan oleh setiap orang
2. Kewajiban adalah
sesuatu yang wajib dilaksanakan atau sesuatu yang harus dilakukan setiap orang.
3. Tanggung jawab
adala kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja ataupun
tidak disengaja.
4. Hak dan
kewajiban anak dirumah
Hak |
Kewajiban |
a. Mendapatkan
kasih sayang b. Mendapatkan
perlindungan c. Mendapatkan
kesempatan bermain d. Mendapatkan
kesehatan e. Mendapatkan
pendidikan f. Mendapatkan
Kasih saying dari kedua orang tua g. Makan dan
minum h. Mendapatkan pakaian i. Mendapatkan
tempat tinggal |
a. Membantu orang
tua b. Menjalankan perintah
agama c. Membantu tugas
orang tua d. Belajar denga tekun e. Memberekan kamar
sendiri f. Menjaga
kebersihan rumah g. Patuh pada
peraturan dan nasehat orang tua h. Menghormati anggota
keluarga yang lain i. Berbicara
sopan |
5. Hak dan
Kewajiban anak disekolah
Hak |
Kewajiban |
a. Mendapatkan
bimbingan dari guru b. Mengikuti proses
pembelajaran dengan baik c. Mendapatkanerlakuan
yang adil bagi guru d. Meminjam buku
perpustakaan e. Mempunyai banyak
teman f. Menggunakan
fasilitas sekolah g. Mendapatkan
penghargaan berupa piagam atas prestasi yang dicapainya h. Mendapatkan
perlindungan selama berada disekolah i. Mendapatkan
laporan dan umpan balik hasil proses pendidikan yang diikutinya j. Belajar
dengan tenang |
a. Mengikuti
seluruh kegiatan sekolah sesuai dengan ketentuan yang berlaku b. Meninggalkan
lingkungan sekolah setelah kegiatan yang diikutinya berakhir c. Mewujjudkan
dan memelihara ketertiban, keamanan, keindahan, kekeluargaan, dan kerindangan d. Hadir disekolah
sebelum bel dibunyikan e. Memberi keterangan
izin / sakit/ berhalangan yang sah pada saat tidak masuk sekolah. f. Menikuti
upacara bendera g. Memelihara
seluruh fasilitas yang ada di lingkungan sekolah h. Menyiapkan,
menggunakan, dan memelihara seluruh perlatan dan perlengkapan belajar
mengajar i. Mematuhi
berbagai ketentuan khusus j. Menggunakan
pakaian yang sesuai dengan jadwal dan ketentuan k. Membawa alat-alat
belajar l. Mengikuti
ulangan yang diadakan sekolah |
Topik : sudah
BalasHapusWita: Sudah
BalasHapusSyiva:sudah
BalasHapusDHINI = sudah
BalasHapusDava:sudah
BalasHapusZaki:sudah Pak
Hapus