Tema 6 Subtema 3 Pemb 2 (Masyarakat Peduli Lingkungan)
Kelas : VI
Tema : 6 Subtema 3
Pembelajaran : 2
PEMBELAJARAN 1
Seni Budaya dan Prakarya (KD 3.1 dan 4.1)
Pengertian Reklame
Reklame
adalah gambar yang berguna untuk menawarkan atau mempromosikan barang dagangan
atau jasa kepada masyarakat agar tertarik untuk membeli atau mengkonsumsinya.
Macam-Macam
Reklame Menurut tujuan pengadaannya, reklame dibedakan menjadi 2 macam, yakni :
1. Reklame
Komersial.
Adalah jenis reklame yang dibuat untuk kepentingan
bisnis. Tujuan pembuatan reklame komersial adalah untuk mendapatkan keuntungan
yang sebesar-besarnya.
2. Reklame
Nonkomersial. Adalah reklame yang digunakan untuk kepentingan komersial,
yakni mengajak, menghimbau, dan menyampaikan
informasi agar bersedia atau mengikuti pesan yang disampaikan. Contoh: himbauan
untuk tertib berlalu lintas, membayar pajak, donor darah, dan lain-lain. Menurut
medianya, reklame di bedakan menjadi berikut.
1. Reklame
Audio.
Adalah reklame yang diwujudkan melalui suara balk
secara langsung maupun tidak langsung.
2. Reklame
Visual.
Adalah reklame media visual merupakan jenis reklame yang memanfaatkan goresan
pena dan gambar yang diolah sedemikian rupa untuk mengkomunikasikan pesan
tertentu kepada orang lain melalui media visual.
3.
Reklame
Audiovisual. Adalah reklanne yang menggunakan media suara dan gambar.
Jenis-jenis reklame visual antara lain :
a. Poster.
Adalah ragam gam
bar reklame yang berupa gambar bentuk barang atau objek dengan gambar huruf.
b. Spanduk.
Adalah ragam gam
bar reklame yang berupa gam bar huruf yang dibuat diatas kain mamanjang.
c. Plakat.
Adalah ragam gambar
reklame yang berupa gam bar bentuk barang atau jasa dari
gambar huruf yang
dibuat pada kertas.
e. Etiket.
Adalah ragam gam
bar reklame yang berupa nama suatu produk barang dagangan dan disertai dengan
keterangan.
d. Leaflet.
Adalah ragam gam
bar reklame yang berupa gam bar bentuk barang atau objek dengan gambar huruf
sebagai keterangannya.
f. Brosur.
Adalah ragam gam
bar reklame yang menggunakan huruf sebagai unsur utamanya.
g. Logo.
Adalah ragam gambar
reklame yang berupa simbol atau lambang suatu badan usaha milik negara maupun
swasta.
h. Papan
Nama.
Adalah ragam gam
bar reklame yang berupa gambar huruf dan gam bar logo.
i. Baliho.
Adalah ragam gambar
reklame yang berupa gambar bentuk barang atau objek dengan gam bar huruf yang
berukuran besar.
j. Banner.
Banner yaitu jenis
reklame memiliki bentuk bermacam, bisa kotak atau persegi panjang. Banner ini
umumnya dicetak dengan digital printing dengan nnenggunakan MMT
k. Billboard.
Billboard sering kita temui di toko-toko atau warung. Billboard merupakan jenis reklame yang di dalamnya berisi gam bar atau foto dengan tulisan menarik serta memiliki makna yang informatif dan memiliki skala ukuran besar.
Fungsi Reklame
2. Mem pengaruhi atau membujuk khalayak atau konsumen sehingga mereka ingin melakukan pembelian.
3. Menciptakan kesan tertentu tentang jasa atau barang yang direklamekan.
Syarat-Syarat Reklame
Reklame yang balk dan benar
harus mencakup beberapa syarat
berikut.
2. Jelas, singkat, dan mudah untuk dimengerti.
3. Reklame yang balk harus mampu menarik khayalak umurn.
4. Reklame harus memuat pesan yang benar dan jujur.
Ada berbagai media yang
digunakan untuk melakukan kegiatan reklame,
antara lain :
1.
Media Audio. Adalah media yang menggunakan suara,
bunyi, atau suatu tanda sebagai media untuk menyampaikan informasi yang dapat di ni km ati melalui indera pendengaran. Contoh reklame dengan media audio ini
diataranya, radio, pengeras suara, bunyi tanda (seperti bunyi piring penjual bakso, penjual eskrim,
2.
Media Visual. Adalah media yang meng-gunakan gambar
dan tulisan sebagai media untuk menyampaikan informasi yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Contoh reklame
dengan media visual diataranya, poster, stiker, spanduk, baliho, dll.
3.
Media Audio Visual. Adalah media yang menggunakan suara dan gambar sebagai media untuk menyampaikan
informasi yang dapat dinikmati dengan indera
penglihatan dan pendengaran. Contoh reklame dengan media audio visual diantaranya, Televisi, bioskop,
iklan video di internet.
Menurut tujuannya, reklame dapat dibedakan
menjadi dua,
diantaranya sebagai berikut :
1.
Reklame Komersial
Reklame komersial adalah
reklame dengan tujuan untuk mempromosikan
barang atau jasa kepada masyarakat. Reklame komersial ini memiliki tujuan
ekonomis untuk meningkatkan keuntungan. Reklame komersial banyak dilakukan oleh
perusahaan niaga, produsen alat atau barang
kebutuhan manusia.
2.
Reklame Nonkomersial
Reklame nonkomersial adalah
reklame yang bertujuan untuk mem berikan
penjelasan, pemberitahuan, penerangan, himbauan atau ajakan
kepada masyarakat agar melakukan isi pesan. Reklame nonkomersial banyak
dilakukan oleh instansi, misalnya himbauan untuk tertib berlalu lintas,
membayar pajak, donor darah, dll.
Macam-Macam Reklame
Istilah
rekiame berasal dari bahasa Spanyol, yakni dari kata re yang berarti
berulang-ulang, dan clamo yang artinya seruan. Reklame adalah gambar yang
berguna untuk menawarkan atau mempromosikan barang dagangan atau jasa kepada
masyarakat agar tertarik untuk membeli atau mengkonsumsinya. Reklame juga dapat
diartikan sebagai seruan yang berulang-ulang dalam rangka menawarkan barang
dagangan atau jasa kepada konsum en. Para pedagang atau penjual pada masa lalu
menggunakan cara-cara dagang seperti ini.
Reklame
yang baik bukan hanya berisi menarik perhatian khalayak ramai atau umum saja,
tetapi reklame yang baik jugs harus mampu menggerakkan keinginan orang guna
membeli atau menguasai barang atau jasa yang disampaikan.
Sebenarnya reklame dengan ikian berbeda. Persamannya
adalah sama-sama mempunyai fungsi dan tujunnya yang hampir sama. Perbedaannya
adalah jika ikian urn urn nya berupa kalimat panjang bahkan ada yang juga yang
berupa artikel, sedangkan reklame hanya berupa kalimat singkat yang disertai
dengan gam bar yang mencolok. Biasanya ikian lebih banyak dipasang pada media cetak (koran dan majalah) dan media elektronik
(televisi, radio, film, Internet). Ada beberapa jenis reklame yang sering kita
jumpai di jalan. Berikut merupakan jenis reklame yang dapat anda ketahui : billboard,
baliho, spanduk, poster, plakat, mobile, neonbox, videotron, megatron.
Menurut medianya, reklame dibagi menjadi tiga yaitu
rekiame audio, rekiame visual, dan rekiame audio visual. Reklame audio adalah
reklame yang menggunakan media suara baik dengan alat tertentu atau dengan
vokal suara. Contohnya pada bentuk rekiame tradisional. Tetapi rekiame audio
modern sekarang sudah banyak menggunakan yang melalui siaran radio. Reklame
visual adalah mdia yang digunakan adalah objek yang dapat dili hat mata dan gam
bar, baik gam bar diam maupun gambar yang bergerak (film). Reklame audio visual
adalah rekiame yang menggunakan media gabungan dari audio dan visual. Contohnya
pada bentuk rekiame yang ditayangkan di televisi, slide atau vidio klip.
Penyampaian rekiame ini dianggap paling berhasil karena menarik dan Iebih mudah
dipahami.
Sebagai
media iklan yang ditampilkan di area luar ruang (outdoor advertising) memiliki berbagai macam
tipe, bentuk yang jumlahnya sangat banyak dan beraneka ragam. Seperti : billboard,
baliho, megatron, videotron, neon box, pylon sign,
spanduk, banner, dll. Dari istilah dan nama di atas sebenarnya memiliki fungsi
yang sama sebagai alat propaganda promosi, hanya dari segi bentuk kontruksi,
dan visualnya saja yang memiliki perbedaan.
Ayo Berlatih, kerjakan soal-soal pada link berikut untuk mengerjakan latihan soal Tema 6 Subtema 3 pembelajaran 2
Sehat selalu untuk kamu dan juga keluarga, terima kasih selamat belajar
Pak suapit sudah mengerjakan
BalasHapusPak Salman sudah ngerjain
BalasHapus